Friday 18 July 2014

Ayo Bicara!


Belakangan saya baru sadar, bahwa seks bebas di kalangan remaja, terutama di kota-kota besar adalah sebuah kenyataan yang tak bisa kita tepis. Miris memang, tapi apa daya, ini adalah sebuah realita.


Banyak orang menyalahkan anak-anak yang terjerumus pada kenakalan remaja yang sampai pada tahap ini. Tapi mereka lupa bertanya pada diri sendiri, kemanakah mereka selama ini hingga hal sebesar itu bisa terjadi.


Saatnya kita tak merasa aman dengan kondisi ini. 
Merasa aman dengan menyekolahkan anak di sekolah berbasis keagamaan, merasa aman dengan memperingkatkan anak atau adik kita tentang pergaulan buruk dengan cara yang tidak kita tau efektif atau tidak atau merasa aman dengan menjadikan baik diri sendiri . 

Nampaknya kita harus segera bangun dan bicara.
Ya, bicara.

Untuk para orang tua, bicaralah pada putra-putri anda dari hati ke hati. Tentang hari-hari mereka. Tentang teman-teman mereka. Tentang cita-cita mereka. Tentang apapun yang mereka rasakan. Mulailah untuk bicara tidak hanya saat menegur saja, karena mereka sungguh butuh kasih sayang verbal dari orangtuanya. Mereka butuh pengakuan kebanggaan dari orangtuanya. Bukan hanya omelan berlebihan saat mereka berbuat salah. Mari bicara..

Untuk para kakak, bicaralah pada adik-adik kalian. Tugas mendidik dan menjaga tidak hanya dibebankan pada orangtua kita saja bukan? Tak perlu menunggu sampai sesuatu yang buruk benar-benar terjadi. Mendekatlah pada mereka. Sentuh kehidupan mereka, karena masa-masa itu belum lama kita lalui kan? Maka sungguh tak ada ruginya untuk kita berbagi. 

Ah, tapi ini bukan perkara status orangtua atau kakak. Kita semua memiliki andil untuk menyapa semua remaja yang ada di sekitar kita, tetangga, adik kelas atau bahkan kenalan-kenalan dunia maya kita. Dan ini bukan perkara laki-laki atau perempuan. Semua orang tentu bisa menyentuh hati orang lain untuk bicara. 

Untuk kalian yang terlanjur mencicipinya. Bangun yuk 
Ada saatnya ko kalian akan merasakannya di waktu yang tepat. Percaya deh, itu lebih menyenangkan!  Orangtua kalian pasti akan sangat bahagia ketika kalian bisa melewati masa remaja kalian dengan selamat. Mau kan kalau di masa depan nanti, kalian punya anak yang lucu, baik dan membanggakan kalian sbg orangtua. Tak perlu ragu untuk bangkit, akan ada banyak tangan yang akan membantu kalian, ada banyak telinga yang akan mendengarkan keluhan kalian dan tentunya ada banyak hati yang akan merangkul kalian. Masa depan kalian masing sangat luas terbentang. Yakinlah bahwa ketika kita baik, sesungguhnya kebaikan itu hanya untuk diri kita sendiri. Bukan untuk orang lain 



Yuk Bangun! Yuk Bicara! 
Bumi ini mungkin akan tersenyum ketika penduduknya bisa kembali menyelaraskan pribadinya. Saatnya rumah-rumah kita diramaikan dengan celotehan kisah penghuninya. Biarlah gadget-gadget kita istirahat sejenak dengan di-charge energi listrik, sedangkan jiwa-jiwa kita disuplai dengan energi kehangatan keluarga di rumah kita sendiri dengan bicara dari hati ke hati. 

Ya, dari hati ke hati.
Karena hati hanya akan bisa disentuh oleh hati 


No comments:

Followers